Cara Membuat Related Posts Di Bawah Posting

Assalamualaikum sobat, pagi hari ini saya ingin share turotial tentang Cara Membuat Related Posts Di Bawah Posting . Related posts sangat penting keberadaannya pada suatu blog , karena selain bisa menunjang SEO , related posts juga berfungsi untuk memudahkan pengunjung untuk mengakses artikel kita yang berkaitan dengan artikel yang sedang di baca oleh pengunjung.

Jadi si pengunjung lebih bisa berlama-lama menelusuri blog kita sobat, tentunya dengan Related Posts Di Bawah Posting ini akan menunjang profesionalitas blog kita. Nah karena begitu vital fungsinya , saya akan share tutorial ini.

Ets.. saya hampir lupa dengan fungsi dari Related Posts Di Bawah Posting . Fungsi dari related posts adalah menampilkan artikel yang berkaitan yang ada dalam blog kita. Masih belum paham..? Begini lo misalnya sobat memposting artikel dengan label tutorial blog, blogger tutorial, SEO blogger, atau apa aja deh maka jika pengunjung mengklik artikel kita yang misalnya berlabel tutorial blog maka akan muncul menu dibawah postingan kita yang menyajikan artikel-artikel yang berlabel tutorial blogger.

Dibawah ini tampilan dari related posts nya :
Tutorial Blogger dan SEO Blogger

Daaripada saya menjelaskannya sampai berbuih-berbuih, lebih baik saya langsung saja kepada intinya yaitu Cara Membuat Related Posts Di Bawah Posting.


1.Log in ke blogger dengan akun yang anda miliki.
2.Klik rancangan.
3.Edit Html » Centag kotak Expand template widget.
4.Cari kode </head> letakkan kode dibawah ini sebelum kode </head> yang anda temukan.

<style> #related-posts { float : left; width : 540px; margin-top:20px; margin-left : 5px; margin-bottom:20px; font : 11px Verdana; margin-bottom:10px; } #related-posts .widget { list-style-type : none; margin : 5px 0 5px 0; padding : 0; } #related-posts .widget h2, #related-posts h2 { font-size : 20px; font-weight : normal; margin : 5px 7px 0; padding : 0 0 5px; } #related-posts a { text-decoration : none; } #related-posts a:hover { text-decoration : none; } #related-posts ul { border : medium none; margin : 10px; padding : 0; } #related-posts ul li { display : block; background : url("http://lh3.ggpht.com/_cNpXRtRph18/S76dASm3WGI/AAAAAAAAEJg/AVmw4HhRdsk/rss.png") no-repeat 0 0; margin : 0; padding-top : 0; padding-right : 0; padding-bottom : 1px; padding-left : 21px; margin-bottom : 5px; line-height : 2em; border-bottom:1px dotted #cccccc; } </style> <script src='http://yudatfort.googlecode.com/files/related%20posts%20b-digg.js' type='text/javascript'/>

5.Sekarang cari kode <data:post.body/> jika ada dua pilih yang kedua dan letakkan kode di bawah ini dibawah kode <data:post.body/>.

<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<div id="related-posts">
<font face='Arial' size='3'><b>Related Posts : </b></font><font color='#FFFFFF'><b:loop values='data:post.labels' var='label'><data:label.name/><b:if cond='data:label.isLast != &quot;true&quot;'>,</b:if><b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<script expr:src='&quot;/feeds/posts/default/-/&quot; + data:label.name + &quot;?alt=json-in-script&amp;callback=related_results_labels&amp;max-results=5&quot;' type='text/javascript'/></b:if></b:loop> </font>
<script type='text/javascript'> removeRelatedDuplicates(); printRelatedLabels();
</script>
</div></b:if>

6.Save template sobat dan lihat hasilnya.

Sekian tutorial tentang Cara Membuat Related Posts Di Bawah Posting semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa untuk meninggalkan komentarya yah...!

86 komentar:

  1. thanks gan ! bermanfaat !
    izin post di blog saya ya gan...
    http://sidsblog09.ngetik.me/

    BalasHapus
  2. Bermanfaat banget. Jangan sungkan2 untuk mampir di blog saya : http://my-axes.blogspot.com dan http://teknologi-aditia.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Artikel yang bermanfaat...!!!

    BalasHapus
  4. makasih gan :)
    ijin sedot aku pasang di blog ku ,, maklum masih newbie :)
    salam kenal bang brooo :)

    BalasHapus
  5. kok gagal terus to bos...

    BalasHapus
  6. makasih gan infonya.. ane cobain dulu..

    BalasHapus
  7. saya sudah coba gan tp ada masalah..
    yang muncul cuma judul related post aja..
    mohon pencerahannya dong gan..

    BalasHapus
  8. makasi sangat membantu

    BalasHapus
  9. makasig gan atas infonya, moga aja berhasil ane coba dulu yoo

    BalasHapus
  10. ternyata di blog ane ndak bisa, udah di apsnag ndak muncul..

    BalasHapus
  11. mantap banget gan
    Visit: http://taktikit.blogspot.com/

    BalasHapus
  12. Mantap gann .. tapi link agan masi nyangkut di htmlnya tuhh.. :p cara ngapusnya gimana ya gann?? biar ane ga keliatan promosi aja gann :D

    BalasHapus
  13. Terimakasih kak atas ilmu-ilmunya, akan saya terapkan di blog saya :) >> http://planet-ridhwan.blogspot.com/

    BalasHapus
  14. Thanks gan, udah ane praktekin di blog ane :)

    BalasHapus
  15. makasih panduannya. aku pasang langsung jadi

    www.gobbloge.blogspot.com

    BalasHapus
  16. info menarik bro dan juga artikel yang cukup membantu diriku untuk mencari info dan berita menarik lainnya loe, dan makasi dan juga salam kenal...

    BalasHapus
  17. thx gan berhasil negh... thx.

    BalasHapus
  18. wah..langsung ane pasang neh di blog ane "related post"..makasih ilmunya gan.

    http://aneka-kuliner-kita.blospot.com

    BalasHapus
  19. Saya menerapakan kode-kode yang agan berikan di atas tetapi hasil yang keluar seperti dibawah ini. Apakah yang salah sehingga diberikan pernyataan tersebut ?

    Template Anda tidak dapat diparse karena tidak well-formed. Harap pastikan bahwa semua elemen XML ditutup dengan benar.
    Pesan error XML: The content of elements must consist of well-formed character data or markup.
    Error 500


    terimakasih

    BalasHapus
  20. Thanks sudah berbagi ilmunya, sukses selalu....

    BalasHapus
  21. Wah sangat Bermanfaat Nie :) Thanks Ya Gan Atas Artikel Yang Agan Buat :D..

    Jangan Lupa Untuk Kunjungin Blog saya juga >> http://defcon-hozora.blogspot.com/

    BalasHapus
  22. Mas...aku mau tanya nih kalo blognya udah di pake buat read more...,gimana caranya

    BalasHapus
  23. @:::Luhur Muhamad Fatah::::Turuti aja langkahnya mas nanti related postsnya muncul setelah reaadmore :D

    BalasHapus
  24. Salam Kenal Sebelumnya. Mau Coba Menaruh Sript Ini Diblog Saya. Terima Kasih Infonya, Lagi belajar Buat Blog :)

    BalasHapus
  25. wwah saya sudah punya nich... makasih gan udah ngingetin

    BalasHapus
  26. pengen coba sih cara ini, tapi template ku sudah ada related post nya.

    jgn lupa kunjungi www.nextandy509.blogspot.com yah...
    mkasihhhhh

    BalasHapus
  27. alhamdulillah,,, keren gan.. mkasih..

    BalasHapus
  28. banyak pelajaran disini..
    Nice blog..

    BalasHapus
  29. keren gan semoga blog saya bisa menjadi no 1 hehehe

    BalasHapus
  30. wuih manteb banget Gan, ijin Nyobain yaa :D

    BalasHapus
  31. Makasih mas aku coba nanti karna koneksi lg lemot yg penting komentar dulu aja ya

    BalasHapus
  32. nice info..
    coba-coba dulu deh gan..

    BalasHapus
  33. Thank you ya jangan lupa kunjungannya

    http://www.qtarawaci.com

    BalasHapus
  34. makasih banyak ya! semoga sukses blognya keep posting!!!
    jangan lupa kunjungi juga blog saya ya: gtasa-modslibrary.blogspot.com

    BalasHapus
  35. Makasih Banyak Mampir Ya www.manganog.blogspot.com

    BalasHapus
  36. makasih gan tapi gagal ga muncul

    BalasHapus
  37. Terimakasih mas, postingan yg sangat membantu para blogger yg masih newbie.
    Tetaplah berkarya demi bangsa :)

    BalasHapus
  38. Ijin bookmark dulu brooo...
    makasih infonya.
    buat temen2 yang butuh info coding programming silakan mampir di
    the-diemask.blogspot.com

    BalasHapus
  39. mantap,
    bener-bener bermanfaat

    BalasHapus
  40. maksih gan..dahsyat...izin menggunakan tutornya..

    BalasHapus
  41. thanks gan......
    Berkunjung yo...!!!

    BalasHapus
  42. Terima kasih atas sharingnya...
    Sangat bermanfaat..

    BalasHapus
  43. keren sih... tapi kok muncul link agan. jadi gmn gtu

    BalasHapus
  44. iya gan, car ngilang in link nya gimana na

    BalasHapus
  45. wah.. bagus,,. sama triknya juga bagus... coz ada linknya... bingung ngotak atiknya buat belajar gitu biar bisa di ganti link kita sendiri gmana ya gan...

    BalasHapus
  46. makasih gan... bermanfaat buat blog saya..

    http://cari-carilowongankerjabaru.blogspot.com

    tukeran link gan..

    BalasHapus
  47. Thank's Gan..
    Langsung aku coba

    BalasHapus
  48. Terimakasih banyak, berfungsi dengan baik di blog saya..

    BalasHapus
  49. Info yang baguz sekali untuk disimak.....
    Bermanfaat sekali untuk saya....

    Mohon kunjungan baliknya yaa....
    Dan saya juga sangat berterima kasih sekali kalau anda berkenan FOLLOW dan Backlink Blog sederhana saya.... :-)

    Title: Zamrud News
    ( www.zamrudnews.com )

    BalasHapus
  50. kok punyaku gak bisa muncul ya om...? apanya kira2 yang kurang...? semua caranya di atas udah saya coba. aku pake template bawaan blogspot.

    BalasHapus
  51. Thx infonya gan, ane coba dulu deh :D

    BalasHapus
  52. Kok nggak bisa si? kode di blog ane ada 3. pilih mana?

    BalasHapus
  53. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  54. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  55. @Mulanovichkode yang mana sob ? maksudnya "data:post.body" kalau ada tiga pilih yang kedua gan. trik ini sudah saya terapkan di blog saya gan dan berhasil gan, kalaupun script ini nggak bisa, mungkin ada kesalahan ketika agan memaskukkan kodenya. bukti kalau work bisa kunjungi blog agan yang satu ini hxxp://acinmuhdor.blogspot.com/2013/01/cuihbanget-wannabe-trending-topic-mane.html

    BalasHapus
  56. Informasi yang bermanfaat gan, terima kasih udah berbagi.

    BalasHapus
  57. di blog saya masih error kak... :(

    BalasHapus
  58. Ah dapet jg info nya...trimakasih gan, dan ijin nyoba neh ;)

    BalasHapus
  59. Oke nih,tapi ya agak mempengaruhi loading blog..

    BalasHapus
  60. wahh bagus ijin copy kodenya
    how-to-o.com

    BalasHapus
  61. Makasih sob triknya, sudah saya terapkan di blog saya ini .
    Salam kenal dari Harusta Blog
    http://harusta.blogspot.com

    BalasHapus
  62. bagi anda yang ingin dapat penghasilan dari hanya klik iklan saja klik Disini

    BalasHapus
  63. thx gan infonya

    visit : http://www.era-informasi.blogspot.com

    BalasHapus
  64. related post disamping membuat blog menjadi seo friendly. diyakini uga dapat membuat user friendly.

    BalasHapus
  65. Produk dijamin asli orginal.Dapatkan harga promo Nabila Shop : Barang yang Kami Tawarkan Semuanya Barang ASLI ORGINAL Ada Garansi Resmi Distributor dan Garansi TAM 2 bebas resiko bebas penipuan.
    Semua Produk Kami Baru dan Msh Tersegel dLm BOX_nya.
    BERMINAT HUB-SMS 085-757-299-675 ATAU KLIK WEBSET RESMI KAMI http://nabilashop77.blogspot.com/.

    Ready Stock!
    BlackBerry 9380 Orlando - Black.Rp.900.000,-
    Ready Stock!
    BlackBerry Curve 8520 Gemini.Rp.500.000,-
    Ready Stock!
    BlackBerry Bold 9780 Onyx 2.Rp.800.000,-
    Ready Stock!
    Blackberry Curve 9320.Rp.700.000,-
    Ready Stock!
    Samsung Galaxy Note 10.1.Rp.2,500.000.
    Ready Stock!
    Samsung Galaxy Tab 2 (7.0).Rp. 1.000.000
    Ready Stock!
    Samsung Galaxy S III Mini.Rp.1.800.000.
    Ready Stock!
    Samsung Galaxy Nexus I9250 - Titanium Si.Rp.1.500.000,-
    Ready Stock!
    Samsung Galaxy Note N7100.Rp.2.500.000.
    Ready Stock!
    Samsung Galaxy Note N7000 - Pink.Rp.1.700.000.
    Ready Stock!
    Samsung Galaxy Y S5360 GSM - Pure White.Rp.500.000,-
    Ready Stock!
    Nokia Lumia 800 - Matt Black.Rp.1.700.000,-
    Ready Stock!
    Nokia Lumia-710-whiteRp. 900.000,-
    Ready Stock!
    Nokia C2-06 Touch & Type -Dual GSM-Rp.450.000,-
    Ready Stock!
    Nokia Lumia 710 - Black.Rp. 900.000,-
    Ready Stock!
    Apple iPhone 4S 16GB (dari XL) - Black.Rp.1.200.000,-
    Ready Stock!
    Apple iPhone 4S 16GB (dari Telkomsel).Rp.1.200.000,-
    Ready Stock!
    Apple iPod Touch 4 Gen 8GB.Rp.700.000.
    Ready Stock!
    APPLE iPod Nano 8GB - Pink.Rp.500.000,-
    Ready Stock!
    Acer Aspire 4755G Core i5 2430 Linux Blue.Rp 1.700.000.
    Ready Stock!
    Acer Aspire One AOD270 10.1.-Rp. 1.000.000,-
    Ready Stock!
    Acer TravelMate TM8481-2462G32.Rp. 1.400.000
    Ready Stock!
    Acer ICONIA Tab W500 10.1" Tablets Notebook.Rp. 1.100.000,-
    Ready Stock!
    Nikon D7000 kit 18-105mm.Rp.1.700.000.
    Ready Stock!
    Nikon D90 Kit 18-105mm Vr.Rp 1.300.000.
    Ready Stock!
    Nikon Coolpix L 120 Red.Rp. 900.000
    Ready Stock!
    Nikon Coolpix P 500 Black.Rp 1.000.000.

    BalasHapus
  66. bagaimana solusi jika ada 4 buah -nya

    BalasHapus
  67. terima kasih untuk pengetahuan yang di sharing. sangat bermanfaat bagi kami yang nubie.

    BalasHapus
  68. Related post termasuk internal backlink yang penting. trima kasih sudah berbagi dengan kami http://www.superjib.com

    BalasHapus
  69. Ah dapet jg info nya...trimakasih gan, dan ijin nyoba neh ;)
    friv4 - kizi4 - free games - kizi games - friv4school - friv 4

    BalasHapus

Hallo tamu, setelah anda membaca artikel di atas, jangan lupa untuk meninggalkan komentarnya ya. Klik subscribe by email, untuk mengetahui balasan komentar anda melalui email.

Your left Slidebar content. -->